foto utama IMG_20150526_095827

 

Palangka Raya, Media AAIPI – Selasa, 26 Mei 2015 menjadi hari bersejarah buat AAIPI Wilayah Kalteng. Pada hari ini para Inspektur Provinsi, Kota, dan Kabupaten se-wilayah Kalteng berkumpul di Aula Inspektorat Provinsi Kalteng untuk melakukan Workshop Perangkat Profesi dan Launching/Pencanangan Pelaksanaan Telaah Sejawat.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Ketua Panitia yaitu Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Bapak Iskandar Novianto selaku Ketua Umum AAIPI Wilayah Kalteng. Ketua Umum melaporkan bahwa acara ini dihadiri oleh 103 peserta yang berasal dari Perwakilan BPKP Kalteng, Inspektorat Pengawasan Umum Daerah Kepolisian Daerah Kalteng, Asisten Bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi Kalteng, serta 15 Inspektorat Provinsi, Kota, dan Kabupaten se-wilayah Kalteng, yaitu:

  1. Inspektorat Provinsi Kalteng;
  2. Inspektorat Kota Palangkaraya;
  3. Inspektorat Kabupaten Pulang Pisau;
  4. Inspektorat Kabupaten Katingan;
  5. Inspektorat Kabupaten Kapuas;
  6. Inspektorat Kabupaten Gunung Mas;
  7. Inspektorat Kabupaten Barito Selatan;
  8. Inspektorat Kabupaten Barito Timur;
  9. Inspektorat Kabupaten Barito Utara;
  10. Inspektorat Kabupaten Murung Raya;
  11. Inspektorat Kabupaten Seruyan;
  12. Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur;
  13. Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat;
  14. Inspektorat Kabupaten Lamandau; dan
  15. Inspektorat Kabupaten Sukamara.

Acara kemudian dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalteng yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kepemerintahan Bapak Syaidinah Aliansyah. Bapak Syaidinah membacakan sambutan Gubernur yang pada dasarnya berisi harapan bahwa kualitas yang diinginkan dari praktek audit atau pengawasan adalah kualitas yang mampu mencegah berbagai praktek korupsi. Hal ini menjadi kekhawatiran Bapak Gubernur karena seperti yang diketahui bersama, sesuai dengan hasil survey di media-media, bahwa persentase tertinggi tindak pidana korupsi terjadi di lingkungan pemerintahan daerah. Oleh karena itu, beliau juga menambahkan bahwa Program Penjaminan/Pengembangan Mutu Audit/Pengawasan menjadi penting dan harus berjalan dengan baik agar tujuan-tujuan ini dapat tercapai:

  1. Menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik;
  2. Meningkatkan pelayanan publik; dan
  3. Bersama DPRD, mencegah terjadinya kebocoran kecurangan APBN/APBD.

Setelah dibuka secara resmi, acara berikutnya adalah penandatanganan Kesepakatan Gubernur dengan para Inspektur untuk melaksanakan telaah sejawat. Para Inspektur berdiri di depan dan satu persatu menandatangani dokumen kesepakatan yang telah ditandatangani oleh Gubernur terlebih dahulu. Telaah Sejawat akan dimulai pada tanggal 2 Juni 2015 sampai dengan 2017.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Workshop Perangkat Profesi. Ada 2 orang narasumber dari AAIPI Pusat yang datang, yaitu Bapak Eddy Rachman yang bertugas di BPKP Pusat dan Ibu Raida Sitorus yang bertugas di Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Diskusi panel dipimpin oleh moderator dari Inspektorat Provinsi Kalteng yaitu Sekretaris Inspektorat Provinsi, Bapak Bobby Hartadi. Diskusi panel berlangsung selama 2 jam dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.00. Para peserta antusias untuk mengetahui penerapan perangkat profesi yang disampaikan oleh para narasumber.

Akhirnya waktu jualah yang membatasi acara kali ini, mudah-mudahan kita dapat berjumpa lagi pada workshop berikutnya. Selamat bertugas dan tetap semangat.

Comments


Add Comment