Kabar AAIPI

Liputan Kegiatan Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia

Penyampaian laporan penyelenggaraan Konferensi AAIPI oleh Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan.

Jakarta-Bertepatan pada Selasa tanggal 27 Agustus 2013, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, dilaksanakan acara Konferensi Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Kementerian Negara/Lembaga/Pemerintah Daerah Tahun 2013. Tema yang menjadi acara konferensi pagi tersebut adalah “Peningkatan Kualitas Pengawasan oleh APIP dalam Tata Kelola Penganggaran, Pelaksanaan Anggaran, dan Pertanggungjawaban Anggaran. Mengundang peserta sebanyak kurang lebih 350 orang, acara Konferensi AAIPI dihadiri sejumlah pejabat kementerian dan lembaga serta seluruh jajaran yang terlibat dalam Aparat Pengawasan Intern Pemerintah atau yang sering disingkat dengan APIP.

Acara konferensi yang dimulai sejak pagi pukul 09.00 WIB, diawali laporan penyelenggaraan acara konferensi oleh Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, V. Sonny Loho, dan dibuka secara resmi oleh Menteri Keuangan, Chatib basri. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir, beberapa pejabat yang tergabung dalam Dewan Pembina AAIPI yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Kepala BPKP, dan Kepala BKN. Keynote Speech mengenai kontribusi AAIPI dalam meningkatkan kualitas pengawasan APIP pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah daerah disampaikan oleh Menteri PAN & RB, Azwar Abubakar. Memasuki acara selanjutnya adalah presentasi standar profesi AAIPI dan pembahasan materi terkait tema yang menjadi acara konferensi AAIPI tersebut. Standar profesi AAIPI bertujuan untuk peningkatan kualitas pengawasan yang dilaksanakan oleh APIP.

Melalui acara konferensi tersebut, APIP diharapkan mampu memberikan pengawasan secara maksimal dalam pengelolaan penganggaran, pelaksanaan anggaran, sampai pada pertanggungjawaban anggaran itu sendiri. Melalui peningkatan kualitas pengawasan tersebut, tata kelola pemerintahan diharapkan semakin baik. (Humas Itjen Kemenkeu)

sumber: http://www.itjen.depkeu.go.id/page/detil.aspx?id=138

Comments


Add Comment